tes

Jumat, 16 Juni 2017

Rangkuman Bab 5 A Framework For Web Science

Assalamu'alaikum, salam sejahtera untuk para pengunjung web ini. Pada postingan kali ini saya ingin memberikan rangkuman bab 5 dari jurnal A Framework For Web Science.
5.4 Jaringan Sosiologi
        Beberapa orang ingin menggunakan Web untuk berbagi informasi untuk rekreasi dan hiburan, ingin mengeksploitasi informasi yang didistribusikan di Web untuk Meneliti dan melakukan ilmu pengetahuan dengan cara baru yang radikal, sedangkan yang lainnya ingin untuk perniagaan.

5.4.1 Komunitas yang Berkepentingan
      Web telah melahirkan sejumlah komunitas yang menarik. Misalnya, Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG), di mana penerbit menyediakan ruang online terus-menerus ketika permainan berlangsung, telah melahirkan ekonomi raksasa dan kode etik sebagai komunitas yang sangat besar dari pemain.
        Web dan Internet pada umumnya, mendukung cara yang baru dalam berinteraksi antara ruang virtual, ruang fisik atau ruang teoritis atau ukuran ruang seperti peta dan rencana. Misalnya saja,orang yang menjual sesuatu secara online, menggunakan mesin pencari , menggunakan Kamera/Webcam dan mendengarkan podcast.
        Ada tiga cara Jaringan berinteraksi yang penting sehubungan dengan masyarakat yang ada yaitu: meningkatkan transparansi, memungkinkan komunitas offline untuk tumbuh melampaui batas-batas mereka secara 'alami', dan memungkinkan perbedaan, lebih Tersusun, jenis komunikasi antara anggota masyarakat.
        Pemahaman teknik apa dan persyaratan arsitektur yang ditempatkan di Web oleh kebutuhan masyarakat merupakan suatu tantangan tersendiri dalam mengatasi suatu masalah. Dan Jaringan Ilmu pengetahuan membutuhkan tidak hanya analisis efektif dari interaksi pengguna "di alam liar" untuk berbicara sehingga perlu berjalan seiring dengan perkembangan teori (baik di tingkat sosiologis dan teknis) tentang apa itu teknologi partisipatif yang sukses seperti RSS, folksonomi, wiki dan blog, yang umum di seluruh ruang.

5.4.2 Struktur informasi dan Struktur Sosial
        Jaringan/Web adalah refleksi dari kehidupan intelektual dan kehidupan sosial manusia, tetapi secara khusus direkayasa untuk menjadi sebagai alat. Struktur Jaringan adalah Kemajuan pada struktur data lainnya yang lebih tradisional. Semua struktur data berskala besar akhirnya pasti dengan beberapa kondisi kongruensi dengan konteks manusia, misalnya dalam suatu organisasi atau perusahaan.

        Keahlian teknik inovasi Jaringan/Web adalah apa yang menciptakan nilai tambah bagi penggunanya. Pengembangan URI memungkinkan cepat dan tidak dibatasi oleh ruang informasi ke segala arah; dari setiap titik di ruang web satu dapat mencapai titik lain dengan segera (satu dapat memilih untuk dibatasi oleh link berikut atau output dari mesin pencari, tentu saja).

         Halaman error 404 berisi informasi bahwa tidak ada sumber daya yang ada pada URL adalah teknik penting dalam faktor browser telah berhasil berkomunikasi dengan server tapi server itu antara mampu atau tidak mampu kembali ke halaman. Struktur informasi tidak hanya struktur berbasis sosial di Web; pengguna lain memiliki proses yang lebih berorientasi dengan kumpulan persyaratan.


5.4.3 Signifikansi dan metrik

       Signifikansi dapat didekomposisi menjadi dua jenis metrik: relevansi dan kualitas. Relevansi terhubung dengan gagasan pertanyaan: berapa banyak pertanyaan yang halaman dapat tangani?
 
     Bobot istilah dihitung sebagai cross-produk Term Frekuensi (TF) dan Frekuensi Dokumen Invers (IDF). Sebuah TF adalah ukuran dari frekuensi kemunculan istilah dalam dokumen, sedangkan IDF adalah ukuran dari jumlah dokumen terkait yang berisi istilah.

      Ukuran lain jelas relevansi dalam lingkungan e-publishing e-commerce atau untuk mengukur jumlah download per kunjungan. pola seperti penggunaan dan akuisisi dapat dipelajari untuk menghasilkan peta atau jejak jalan bahwa pengetahuan atau informasi sedang ditransfer ke dan digunakan oleh komunitas pengguna.

     Ukuran kualitas yang paling terkenal adalah PageRank. PageRank adalah metode pencarain data pada web yang digunakan untuk menumbangkan model yang mengatur beban halaman contoh untuk mengutip halaman mana yang ingin meningkatkan.

     Jika halaman yang dikutip oleh banyak halaman lain yang sendiri memiliki PageRank yang tinggi, maka kemungkinan untuk menjadi berkualitas tinggi. PageRanklah yang menyebabkan mesin pencari google lebih unggul dibandingkan mesin pencari lain yang memakai metode random walk.


5.4.4 Kepercayaan dan reputasi

      Kualitas dan signifikansi berkaitan dengan penerimaan yang halaman menerima dari seorang pembaca; keyakinan pembaca tentang halaman secara inheren lebih subjektif dari metrik yang diuraikan.

     Kepercayaan merupakanfaktor penting dalam pengembangan Web, di sejumlah bidang. karya ilmiah atau akademis yang terpercaya untuk melaporkan hasil yang benar. Penulis halaman dipercaya untuk menjadi yang mereka katakan.

        Kepercayaan dalam sistem dan kepercayaan pada orang berasimilasi seakan hal ini dipermasalahkan. Kepercayaan juga bukan fenomena statis, dinamis; sering ada periode waktu di mana kepercayaan dalam sebuah situs dibangun.

      Ada dua tingkat signifikansi sehubungan dengan berlakunya kepercayaan seluruh Web yang menuntut pendekatan yang berbeda. Pertama ada adalah tingkat sistem secara keseluruhan, di mana seseorang mencoba untuk memverifikasi bahwa peraturan yang mengatur gaya interaksi semua aktor untuk jujur. Kedua, ada tingkat individu, di mana satu harapan bahwa mitra interaktif seseorang atau lawan jujur, reciprocative dan aturan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar